EFEKTIVITAS PROGRAM BEASISWA LAZISMU DALAM MEMBANTU PENDIDIKAN SISWA KURANG MAMPU DI KAPANEWON BANTUL

Authors

  • Retno Wulandari Universitas ‘Aisyiah Yogyakarta
  • Erni Saharuddin Universitas ‘Aisyiah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55314/jsp.v3i2.530

Keywords:

LAZISMU, Beasiswa, Efektivitas, Beasiswa Mentari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Beasiswa Mentari dalam membantu pendidikan siswa kurang mampu di Kapanewon Bantul. Penelitian ini menggambarkan bagaimana tingkat keberhasilan pencapaian tujuan dari program Beasiswa Mentari LAZISMU Bantul Kota. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan dan menganalisis mengenai fenomena peristiwa, sikap, kepercayaan, aktivitas sosial, persepsi manusia baik secara kelompok maupun individu. Dengan demikian penelitian ini berisi hasil data penyajian untuk memberikan gambaran terkait efektivitas program beasiswa. Lokasi penelitian bertempat di LAZISMU Bantul Kota. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) ketetapan sasaran sesuai dengan yang ditetapkan pihak LAZISMU. Ketetapan sasaran adalah siswa yang berstatus yatim, kurang mampu, dan ingin didampingi, (2) sosialisasi program beasiswa Mentari berhasil mendapatkan 50 siswa sebagai penerima beasiswa dengan melalui media sosial dan sosialisasi ke masyarakat umum, (3) tujuan program beasiswa Mentari telah tercapai sesuai dengan yang diinginkan LAZISMU. Penerima terbantu dalam membiayai pendidikan, dan (4) pemantauan program beasiswa Mentari dapat mengevaluasi kendala-kendala yang dihadapi. Dari keseluruhan, peneliti menyimpulkan bahwa efektivitas beasiswa Mentari terhadap siswa kurang mampu memberikan efek yang sangat baik. Namun masih ada 2 siswa yang tidak mengikuti pendampingan, sehingga dikatakan sebagai putus mitra.

References

Jurnal, Bulletin, dan Majalah Ilmiah

Adita, D. (2016). Efektivitas program siswa pintar warga sukowati (sintawati) dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten sragen tahu 2013-2014.

Andriadi, K. D., Asih, E. T. W., Dewi, A. A. W., Nugraha, K., & Samadhinata, I. M. D. (2018). Efektifitas penyelenggaraan program beasiswa bidikmisi di universitas pendidikan ganesha. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 8(3), 206–212. https://doi.org/10.23887/jinah.v8i3.20015

Budiani (2007) Khadafi, R., & Mutiarin, D. (2017). Efektivitas Program Bantuan Keuangan Khusus Dalam Mengentaskan Kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul. Journal of Governance and Public Policy, 4(2). https://doi.org/10.18196/jgpp.4280

Gunawan, D. R., Oktavia, T., & Indra, B. R. (2018). Perancangan sistem informasi beasiswa program indonesia pintar (pip) berbasis online (studi kasus : sma n 1 kota bumi). Jurnal Mikrotik, 8(1), 45.

Khodijah, A. (2010). Program pembelajaran tam16;fin26; al quran: studi deskriptif pada sma it as-syifa boarding school tambakmekar jalan cagak subang. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lestari, A. F. (2016). pengaruh efektivitas program corporate social responsibility (csr) pt mitsubishi chemical indonesia (mcci) terhadap pemberdayaan masyrakat di kelurahan gerem kecamatan grogol kota cilegon (Issue Mcci).

Purwaningsih, S. (2020). pranata sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Alprin.

Sugiyono. (2015). metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d.

Buku

Arifin, Z. (2013). Evaluasi pembelajaran. PT Remaka Rosdakarya.

Daulay, H. P. (2009). dinamika pendidikan islam di asia tenggara. Asdi Mahasatya.

Eko Putro, W. (2014). teknik penyusunan instrumen penelitian. Pustaka Belajar.

Indrawijaya, A. I. (2010). teori, perilaku, dan budaya organsasi. Refika Aditama.

Maragustam. (2016). Filsafat pendidikan islam menuju pembentukan karakter menghadapi

arus global. Kurnia Kalam Semesta.

Notoadmojo, S. (2018). metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta

Website

http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/cetak/481-angka-putus-sekolah-aps-per-jenjang-pendidikan. Diakses pada tanggal 19 Januari 2023 pukul 13.00 WIB)

http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/infografik/kemiskinan

https://www.bps.go.id/ BPS Indonesia. (2022). Berita Resmi Statistik.

https://quran.kemenag.go.id/ Quran Kemenag.

Published

2023-09-06