PERANAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP REHABILITASI MENTAL PELAKU PSIKOPATIK

Authors

  • Arlita Puji Astuti Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Ratna Ganda Puspaningrum Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Abstract

Dalam upaya untuk memulihkan kembali individu yang merupakan pelaku psikopatik, diperlukan adanya pendidikan keluarga dan juga rehabilitasi mental sebagai upaya untuk dapat mengembalikan kehidupan sosial pelaku psikopatik seperti pada masyarakat pada umumnya. dalam hal ini orang tua sebagai dasar dari setiap keluarga harus melakukan tanggung jawabnya untuk dapat menanamkan akhlak, akidah, serta nilai-nilai hukum dan norma yang berlaku di masyarakat. Berbeda pada pelaku psikopatik dimana kurang memiliki empati dan rasa bertanggung jawab atas hal buruk yang telah dilakukan, yang mana dari setiap perilaku psikopatik ini tidak mencerminkan pendidikan-pendidikan yang telah diberikan oleh keluarga. Oleh sebab itu dibutuhkannya rehabilitasi mental guna mengembalikan kemampuan-kemampuan individu agar dapat hidup di lingkungan masyarakat sesuai dengan norma hukum dan norma yang berlaku. 

References

Adi, L. (2022). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, Vol. 7, No. 1.

Gotama, R. Y. S. (2015). Analisis Perilaku Psikopatik Tokoh Utama dalam Dongeng La Barbe Bleue Karya Charles Perrault. garuda.kemendikbud.go.id. 22.20 WIB.

Jailani, Syahran. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2.

Karlina Rahadatul Aisy, A. (2020). ANALISIS TIPOMORFOLOGI PUSAT REHABILITASI MENTAL DISORDER. Seminar Ilmiah Arsitektur(ISSN: 2721-8686 (online)).

Nurdin, M. A. (2018). Program rehabilitasi mental pasien gangguan mental pada panti rehabilitasi sosial jiwa dan narkoba Purbalingga Jawa Tengah. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah. Skripsi.

Rysamsiwi. (2020). Konsepsi Rehabilitasi. https://malut.bnn.go.id. 22.10 WIB.

Syahraeni, A. (2015). Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan Anak . Open Journal Systems, Vol. 2, No. 1.

Siti Makhmudah, M. (2018, Desember). PENGUATAN PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, Vol. 2.

Waseso, m. g. (1999, agustus). peranan pendidikan keluarga dalam rehabilitasi mental penderita psikopat. ilmu pendidikan.

Published

2022-12-29